Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta


wah kalau kota satu ini memang gausah di raguin lagi ya. kota ini selalu nangkring di whislist liburan kamu pastinya. yogyakarta atau yang biasanya kita sebut jogja emang gak cukup dikunjungin 1x doang, pasti harus kesana dan kangen lagi untuk kesana. ya memang jogja gak ada matinya.nah ini nih tempat-tempat wisata rekomendasi dari aku yang kece.

1. Candi Borobudur





yah kalau ini wajib kalian kunjungi gaes, sebagai salah satu keajaiban dunia dan candi yang memiliki relief serta stupa terbanyak dan terlengkap di dunia. borobudur telah menjadi ikon wisata jogja bahkan indonesia. padahal candi borobudur sendri tidak terletak di kota jogja nya loh, berjarak sekitar 40 km dari kota jogja, candi borobudur terletak di kota magelang. nah setelah sampe di daerah borobudur dan naik sampai atas. lelah nya kita perjalanan dan naik ke atas akan terbayar dengan sejuknya udara dan pemandangan yang super bagus. di saat naik pun kita bisa melihat relief-relief di candi borobudur. dan diatas kita bisa lihat beragam stupa-stupa. bagus dan rekomended banget nih. 12.000 untuk anak-anak dan 30.000 untuk dewasa. untuk wisatawan dari luar negeri harga tiket masuknya 10-20 $. murah dan worth it banget. selain wisata candinya borobudur juga di sediakan lapangan yang luas banget. kita bisa naik kuda, ada pagelaran wayang dan ada pasar untuk kita membeli oleh-oleh. puas dan rekomended banget deh....

2. Candi Prambanan



candi prambanan adalah candi terbesar di Indonesia. candi yang terkenal dengan kisah rama-sinta ini terletak 17 km dari kota jogja. kemegahan candi prambanan hampir sama dengan borobudur. tapi candi ini tetep harus kamu kunjungi selain borobudur. karena model candinya berbeda. dan di sekitar area candi pun ada batu-batu yang bagus juga buat foto-foto. nah untuk tiket masuknya pun bervariasi. untuk masuk sekitar prambanan aja kita membayar 20.000 untuk anak-anak dan 40.000 untuk orang dewasa. ada juga tiket terusan seperti prambanan-ratu boko 35.000 anak-anak dan 75.000 orang dewasa. prambanan-borobudur juga 35.000 anak-anak dan 75.000 orang dewasa. prambanan-penampilan ramayan (kelas II) 135.000 untuk anak-anak dan 150.000 untuk orang dewasa. nah untuk penampilan ramayan ini gak setiap hari, jadi kalau mau lihat penampilan ini harus lihat dulu jadwal mainnya di website resmi prambanan.

3. Punthuk Setumbu



nah setelah puas dengan wisata candi-candi sekarang waktunya wisata alam nih. punthuk setumbu ini letaknya gajauh dari candi borobudur gaes, jadi setelah ke candi borobudur ini gak ada salahnya mampir kesini. setelah parkir kendaraan kita harus naik sampai ketinggian sekitar 400 mdpl. jalan menuju atas sudah baik, beraspal dan ada anak tangga. nah waktu terbaik untuk ke punthuk setumbu adalah pagi-pagi buta. ya kita bisa melihat sunrise disini. dari sini pun kita bisa melihat borobudur, jaraknya hanya sekita 4km. tiket masuk ke punthuk setumbu ini 15.000 per orang. murah dan worth it banget. pas sampai diatas kita akan disuguhkan pemandangan yang indah banget. disini juga disediakan spot selfie. ya setelah booming di film AADC 2, tempat ini resmi dijadikan tempaat wisata, karena banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk menyaksikan panorama sunrise dan pegunungan yang indah banget. di sekitar puntuk setumbu dan borobudur juga banyak penginapan, buat kalian yang takut ketinggalan panorama sunrise. 

4. keraton jogja



nah keraton joga juga boleh nih kita kunjungi. selain bisa foto kita juga bisa belajar bagaimana sejarah keraton, adat di jogja dan kebudayaan di jogja. disini juga kita bisa beajar sejarah kerajaan di jogja. banyak banget ilmu yang bisa kita dapat, kita bisa lebih kenal jogja dan tentunya akan lebih cinta dengan kota ini. dengan membayar 10.000 rupiah kita sudah bisa jalan-jalan puas di keraton ini. nah keraton ini buka dari jam 07.00-12.00 tapi waktu tebaik datang kesini adalah jam 09.00 karena ada penampilan tarian live di keraton. o iya ada satu tempat yang sangat menarik buat saya. disini kita bisa mendengar dan mencium ribuan kelelawar. seru banget kan??? gak perlu main ke goa, disini kta juga bisa merasakan sensasi kelelawar hehehe. keraton jogja letaknya sangat strategis juga, berada di pusat kota dan di samping alun-alun jogja. di sekitar keraton ada banyak penjual oleh-oleh souvenir jogja juga ada jajanan yang murah hehe. cocok lah untuk liburan sambil belajar. 

5. Jalan Wijilan


nah tempat ini juga menjadi rekomendasi dari saya. di jalan wijilan ini kita akan menemukan banyak toko yang menjual gudeg. nah pada tau kan kalau gudeg itu makanan khasnya jogja. gak lengkap wisata kalau gak wisata kuliner juga. ada banyak banget warung gudeg disini, dan yang paling terkenal adalah gudeg yuk djum. saya belum membandingkan dengan gudeg di warung lainnya sih, tapi yang jelas gudegnya enak banget. rekomended lah datang kesini. untuk harga bervariasi tentunya tergntung ikannya juga warungnya hehehehe.....


happy travelling guis !!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud