AreMalang, Wisata murah di Jawa Timur


Nah kalau kalian ke jawa timur gak afdol kalau nggak ke kota ini, primadonanya jawa timur ini terkenal banyak banget wisatanya, dari wisata alam sampai tempat hiburan dan rekreasi keluarga. kebetulan nih, baru-baru ini saya mengunjungi kota tersebut, ya mungkin tempat yang dikunjungi cukup mainstream untuk orang malang atau sekitarnya. tapi tempat-tempat ini bisa jadi rekomendasi buat kamu yang belum nyentuh primadona jawa timur ini tapi dengan dana on budget. hehe oke ini list nya:

1. kampung warna jodipan



nah ini kampung yang terkenal di malang, lokasinya dekat denga stasiun baru malang. tempat wisata hasil kerja keras mahasiswa kreatif ini memang patut disambangi, selain sebagai apresiasi, disini kita bisa lihat bagaimana kehidupan warga kampung jodipan. ya warga nya ramah-ramah dan tempat ini sangat seru, kita melewati rumah-rumah warga yang dulunya kumuh sekarang mereka lebih bahagia, kebahagiaan terpancar diwajah mereka. harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu 2.500 per orang dan kita mendapat souvenir berupa gantungan kunci. disini ada dua tempat yaitu kampung warna dan kampung 3D. nah diantara kedua tempat tersebut dihubungkan oleh jembatan kaca ala malang. ini beneran dari kaca gengs.. saya aja awalnya merinding lewat sini hehe, karena dibawah sudah sungai yang alirannya lumayan. kalau jatuh ya wasalam :' . nah di kampung 3D kita juga harus bayar lagi seingat saya harganya sama atau kurang lebih sekitar 5000 rupiah per orang. wisata ini memang sangat terjangkau, dan jangan dikira kampung itu kecil, kedua tempat ini sangat luas, dan jalannya naik turun, jadi sangat lumayan seperti berolahraga. saran saya kalau kesini dandannya jangan terlalu ribet karena pasti keringetan hehe. hanya ada yang menggaggu dari kampung ini adalah kebersihan sungainya. kebetulan waktu itu saya salah masuk jalan dan malah tembus sungainya, ya bau dan kotor. mungkin warga setempat dan pemerintah setempat bisa bergotong royong untuk menjaga kebersihan sungainya, setidaknya agar tidak bau. kan sayang jika kampung yang sudah cantik ini menjadi sedikit terganggu karena sungai yang kotor. ya saat dikampung atau di jembatan memang aroma sungainya tidak tercium, tapi alangkah baiknya jika sungainya juga diperhatikan. banyak banget spor foto di tempat ini. puas dan nyenengin tapi tetep murah, ya di jodipan.

2. Alun-Alun Malang

ya mau liburan kemana aja, pasti destinasi yang bisa dikunjungi siapa aja dan gratis pasti alun-alun nya. selain letaknya yang strategis berada di pusat kota. alun-alun malang cukup luas, dan banyak kegiatan yang dilakukan warga di sini. kebetulan saat saya berkunjung sedang acara dari polisi, sehingga banyak polisi disana. ada warga yang mengantarkan anaknya bermain, atau berpacaran, ada yang olahraga daln lain-lain. ya mengunjungi alun-alun saat pagi memang sangat direkomendasikan, karena masih jarang kendaraan lewat disini, jadi kita bisa berjalan-jalan sambil menghirup udara segar malang. disini juga ada beberapa tempat spot selfie, kebersihan alun-alun juga sangat terjaga, saya tidak melihat sampah berserakan atau jalanan kotor. bersih dan asri, dan saya juga tidak melihat orang-orang berjualan disini, jadi tempat ini murni untuk kalian yang ingin olahraga atau bersantai santai di malang. akses menuju alun-alun bisa berjalan kaki buat kalian yang menginap disekitar situ atau dekat stasiun, lumayan olahraga lah, di pinggir jalan banyak orang jual sarapan kayak pecel dan berbagai macam nasi lainnya. kalau ke malang bolehlah kesini, ada wahana bermain juga untuk anak-anak, semacam playground. seru lah.

3. Goa Pinus Pujon





nah kalau ini, sedikit geser dari malang.namanya memang goa, tapi saya lebih suka menyebutnya hutan karena tidak menemukan goa hehehe. tapi jangan berekspetasi seperti hutan pinus mangunan ya hehe... beda lah. hutan pinus ini ada di daerah batu. karena di dataran tinggi, pohon pinus tumbuh subur disini. aksesnya memang sulit. saya menyarankan agar kalian memakai kendaraan pribadi atau kalau yang ke malang naik kereta bisa sewa motor atau mobil, karena tidak ada transportasi umu untuk mengkases tempat ini, bis hanya bisa mengantarkan sampai di pertigaan yang jaraknya masih jauh dari hutan pinus. dan lagi jalanannya naik. ada ojek sebagai alternatif, tapi harganya juga lumayan karena medannya memang jauh dan naik. tapi perjuangan memang tidak menghianati hasil. waktu sampai di atas Subhanallah..... pemandangan nya indah banget. selain lihat lebatnya hutan pinus kita juga melihat kota batu dari atas, ada pegunungan dan dingin banget diatas. memang paling pas saat disana kita minum yang hangat-hangat. karena dijadikan objek wisata, hutan pinus di beri beberapa spot umtuk selfie dan berfoto-foto. lucu-lucu deh, foto diatas hanya sebagian, masih banyak lagi spot foto lainnya. harga tiket masuknya 5000 per orangnya. murah tapi adem buat refreshing. nah letah hutan pinus ini berada di persimpangan menuju paralayang. namun karena waktu itu lagi hujan saya jadi gasempat ke paralayang. mungkin next time akan saya review ya. o iya soal kebersihan di sini bersih juga, udaranya seger dan nenangin pikiran.

4. Alun-Alun Batu




yah karena gak afdol kalau ke kota tapi gak ke alun-alun. tempat ini wajib dikunjungi dan disarankan saat malam, karena bagus banget kalau malam, beda sama alun-alun malang yang dijadikan tempat olahraga atau piknik keluarga. alun-alun batu menyajikan tempat wisata malam yang murah dan seru. ada spot selfie, dan ada wahana biang lala. wahana yang sangat rekomendasi. bisa dinaiki semua usia,dan murah, hanya dengan membayar 5000 per orang untuk 2x puteran. kita bisa menikmati suasana kota batu saat malam dari atas pusat kota. seru dan cukup menguji adrenalin hehe. ada juga spot air mancur lucu seperti foto saya diatas, airnya keluar berselang seling beberapa detik, kalau sial ya kena cipratannya hehehe. disini banyak orang berjualan di sekitar alun-alun. dari makanan ringan sampai makanan berat juga ada. lengkap deh, ke batu gak ke alun-alunnya ya rugi hehehe.

5. Kebun Teh Wonosari


nah ini nih, tempat yang bagus banget buat foto, seger dan juga tempat rekreasi keluarga. kebun teh wonosari tidak berada di pusat malang atau batu, tapi berada di  lawang. berada di dataran tinggi dan luas banget membuat tempat ini wjib ada di wishlist liburan kamu. harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu 8000 untuk weekdays dan 12.000 untuk weekend. di dalam kebun teh ini tidak hanya hamparan tanaman teh yang bagus buat spot foto ada juga beberapa wahana seperti ATV, fliying fox, sepeda air, sepeda gunung, kereta api untuk berkeliling kebun teh, dan banyak lainnya. ada penginapan juga buat kalian yang ingin merasakan sensasi istirahat di kebun teh. disini kita juga bisa belajar tentang pembuatan teh itu sendiri dan bisa menikmati hasil teh asli perkebunan itu. seru banget kan? makannya cobain deh kesini gak rugi kok.


happy travelling guis !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta