Mampir ke lokasi syuting Bumi Manusia dan Habibie Ainun 3

 Tempat wisata ini sudah banyak sekali di perbincangkan oleh wisatawan yang mampir ke kota istimewa yogyakarta. Tempat ini terkenal karena menjadi lokasi syuting dari dua film ternama yang di sutradarai Hanung Bramantyo, yakni film Bumi Manusia dan Habibie Ainun 3. Tempat wisata ini memang sengaja dibangun untuk keperluan syuting namun karena banyak sekali properti yang dibangun dan berpotensi menjadi tempat wisata akhirnya lokasi ini di legalkan menjadi tempat wisata untuk umum. Namanya Studio Alam Gamplong, disebut stuio alam karena memang seluruh set yang dibangun untuk syuting ini di bangun di lapangan di sebuah desa Gamplong, alamatnya di Gamplong 1, Mayudan, Dukuh, Sumberrahayu, Sleman, DIY. 

Tempat wisata ini terus dikembangkan hingga sekarang, dan dilengkapi oleh fasilitas umum seperti parkiran dan food court yang berada di sebrang tempat wisata ini, selain itu tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding karena nuansa tempo doeloe yang diciptakan di tempat wisata ini. Untuk biaya parkir normal seperti biasanya, dan saat masuk dikenakan biaya retribusi seikhlasnya untuk perawatan lokasi syuting. Namun selain biaya retribusi ada juga tiket-tiket yang perlu dibeli di loket masuk untuk masuk ke beberapa lokasi yang berbayar, namun kalian bisa membeli tiket terusan yang mencakup seluruh lokasi dengan membayar Rp 30.000 per orang, tiket terusan ini termasuk wilayah

1. Rumah Nyai Ontosoroh (Lokasi syuting Bumi Manusia)

2. Rumah Ainun dan Bar (Lokasi Syuting Habibie Ainun 3)

3. Rumah Antiques Gallery and Basement 

4. Tiket Kereta Bumi Manusia (Kalian bisa naik kereta api nya juga ya hehe)

Menurut saya untuk harga tiket terusan senilai Rp 30.000 dan feedback yang didapat sangat worth it karena kalian bisa foto sepuasnya di lokasi nya, bahkan banyak sekali properti yang juga di gunakan saat syuting, namun tetap hati-hati ya hehe. Selain nuansa seperti di film, ada juga potret-potret saat syuting berlangsung. O iya untuk tiket Rumah Nyai Ontosoroh kalian juga dapat voucher 10% saat makan di rumah makan di sekitar rumah nyai ontosoroh, sangat worth it. 

Awalnya saya pikir yah mungkin saya hanya dapat foto saja, namun ternyata tidak, karena semua properti disana nyata, jadi saya benar-benar merasakan nuansa film nya, dan satu spot yang menarik hati saya di luar spot berbayar adalah adanya pemukiman kumuh yang benar-benar di bangun dan di setting layaknya pemukiman kumuh sebagai properti syuting film Habibie Ainun 3, saya sangat excited saat melewati lokasi itu, saya ingat betul kejadian yang menimpa ibu ainun  di lokasi tersebut, semua detail yang ada di film bisa saya lihat secara langsung di depan mata saya dan itu rasanyaaaaaaaa aaahhh mantap hehehehe......

tanpa banyak basa-basi saya mau membagikan foto-foto saya di Studio Alam Gamplong, semoga kalian bisa segera berkunjung kesana ya hehe....















































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta