Dua Candi Fenomenal di Indonesia

    Saat berkunjung ke kota yogyakarta, saya memiliki kesempatan untuk menyambangi dua candi yang fenomenal yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan, kedua candi ini sebenarnya terletak di kota Magelang namun kebanyakan orang mengenal kedua candi ini terletak di kota Yogyakarta. Kedua candi ini memiliki sejarah yang berbeda dan juga memiliki kultur budaya yang berbeda namun karena letaknya yang lumayan berdekatan sehingga kedua candi ini dapat diakses dengan sekali jalan, bahkan ada tiket terusan untuk kedua candi ini. Yuk kita kulik kedua candi ini. 

1. Candi Borobudur

    Candi ini terletak di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah yang berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogayakarta. Candi ini merupakan satu-satunya Candi Budha yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia karena kearifan peninggalan budaya nya yang dimiliki candi ini, juga karena candi ini merupakan candi/kuil Budha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen budha terbesar di dunia. Keapikan candi ini sering dijadikan sebagai ikon pariwisata Indonesia, tidak heran jika Candi ini selalu ramai dikunjungi baik turis lokal sampai turis mancanegara. Dan benar saja saat saya mengunjunginya saya sepakat jika candi ini menjadi ikon pariwisata dan budaya Indonesia. 
    
    Monumen candi ini terdiri atas 6  teras berbentuk persegi yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, tidak lupa di setiap dindingnya terdapat relief yang apik. di Candi Borobudur terdapat 504 arca budha, dimana jumlah ini merupakan jumlah terbanyak dan merupakan arca terlengkapn di dunia. Stupa utamanya terletak di tengah yang sekaligus menjadi mahkota pada bangunan ini, dikelilingi oleh 72 stupa lainnya yang didalamnya terdapat arca Budha. 

Untuk harga tiket masuknya dibagi menjadi beberapa kelas diantaranya (wisatawan lokal),
Candi Borobudur
  1. usia 3-10 tahun : 25.000
  2. usia diatas 10 tahun : 50.000
Terusan  Candi Borobudur-Candi Prambanan
  1. usia 3-10 tahun : 35.000
  2. usia diatas 10 tahun : 75.000
Terusan Candi Borobudur-Candi Ratuboko
  1. usia 3-10 tahun : 35.000
  2. usia diatas 10 tahun : 75.000
*Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk* (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

Dan juga jangan lewatkan berbagai event yang kerap diadakan di Candi Borobudur seperti Dramatari roro jonggrang,  vw carbio tour desa-desa borobudur, tour andong, menikmati sunrise dan sunset di Candi Borobudur, dan beragam event lainnya. Nah berikut ini beberapa dokumentasi saya di Candi Borobudur












2. Candi Prambanan

    Bentuk candi yang satu ini sangat berbeda dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan biasa dikenal dengan Candi Rorojonggrang. Candi ini merupakan kompleks candi hindu terbesar di Indonesia.Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta,  persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi ini termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, dan termasuk dalam candi terindah di Asia Tenggara. 

    Seperti ciri khas candi hindu lainnya, candi ini memiliki bangunan yang tinggi dan ramping, dengan Candi Siwa sebagai candi utamanya yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter di tengah kompleks candi-candi yang lebih kecil. Denah candi ini terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran. Halaman luar merupakan areal terbuka yang mengelilingi pelataran luar. Pelataran luar saat ini hanya merupakan pelataran kosong. Di tengah pelataran luar, terdapat pelataran kedua, yaitu pelataran tengah yang berbentuk persegi panjang.  Pelataran ini terdiri atas empat teras berundak, dimana makin ke dalam semakin tinggi. Seluruh candi di pelataran tengah ini mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Hampir semua candi di pelataran tengah tersebut saat ini dalam keadaan hancur. Sedangkan pelataran dalam, merupakan pelataran yang paling tinggi letaknya dan yang dianggap sebagai tempat yang paling suci.

Untuk harga tiket masuknya dibagi menjadi beberapa kelas diantaranya (wisatawan lokal),
Candi Prambanan
  1. usia 3-10 tahun : 25.000
  2. usia diatas 10 tahun : 50.000
Terusan  Candi Prambanan-Candi Borobudur
  1. usia 3-10 tahun : 35.000
  2. usia diatas 10 tahun : 75.000
Terusan Candi Prambanan-Candi Ratuboko
  1. usia 3-10 tahun : 35.000
  2. usia diatas 10 tahun : 75.000
Paket Prambanan-Plaosan-Sojwan 
  1. usia 3-10 tahun : 35.000
  2. usia diatas 10 tahun : 75.000
*Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk* (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

Sama halnya dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga sering dijadikan tempat untuk beragam event, diantaranya Prambanan Caravan Glamping, Prambanan Cultural Glamping,Sendratari Ramayana, The Legend of Rorojonggrang Prambanan dan beragam event lainnya, jadi jangan sampai kelewatan ya guis, berikut ini beberapa dokumentasi saya di Candi Prambanan. 












Happy Travelling Guis !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta