Gunung ini cocok untuk yang baru pertama kali melakukan pendakian !!

Gunung Pundak merupakan gunung mungil yang dipilih oleh banyak orang jika ingin healing dari penatnya kota namun memiliki waktu yang singkat. Gunung ini berada di wilayah Kota Mojokerto, ya diantara beberapa gunung yang berada di sekitar Mojokerto, gunung ini juga menjadi gunung yang cukup ramai karena ketinggiannya yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 1585 mdpl. Untuk menuju basecamp pendakian Gunung Pundak tentu saja kita harus sampai di Kota Mojokerto terlebih dahulu, ada berbagai alternatif transportasi untuk menuju Mojokerto. Setelah sampai di Kota Mojokerto maka dilanjutkan menuju daerah Claket,Pacet. Wilayah gunung ini masih satu lokasi dengan wisata pemandian air panas yang juga termasuk kawasan hutan lindung Tahura Raden Soerjo. Lokasi ini bisa dijadikan keyword untuk melacak di GPS, setelah sampai pemandian air panas tinggal mengikuti jalan aspal yang terus naik sampai menemukan basecamp Gunung Pundak. Saat Sampai di basecamp kita akan dikenakan biaya atau retribusi pendakian sebesar 10.000/orang, dan untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 5.000 dan roda empat sebesar 10.000.

Terdapat dua jalur pendakian Gunung Pundak yaitu, via Puthuk Siwur dan jalur pendakian via Tahura. Diantara keduanya jalur pendakian Puthuk Siwur adalah jalur pendakian yang banyak dipilih pendaki karena disini nanti kita bisa mendapat dua tempat sekaligus yaitu camp ground di Puthuk Siwur dan camp ground Pundak. Yang unik dari jalur pendakian Gunung Pundak adalah banyak ditemukannya semak, tumbuhan liar dan juga bambu yang cukup banyak. Kontur jalannya santai dan landai, ada beberapa tanjakan namun masih aman untuk pendaki pemula. Sama seperti gunung lainnya, menuju puncak Gunung Pundak kita harus melewati beberapa pos, berikut ini penjelasan melalui jalur Puthuk Siwur :
  • Pos 1 : Menuju pos 1 kontur jalannya masih landai dan akan masuk di kawasan hutan pinus, disini terdapat selfie arean dengan atribut dan area khusus yang telah disiapkan, setelah dari selfie arean lanjut terus menyusuri hutan pinus hingga sampai pos 1, pos 1 terletak di tengah hutan pinus dengan area yang tidak terlalu lebar.
  • Pos 2 : Menuju pos 2 akan banyak ditemui area datar dengan beberapa dudukan dari pohon kayu yang bisa digunakan untuk melepas penat sementara, setelah melewati hutan pinus vegetasinya berubah menjadi ilalang yang tinggi dan tumbuhan perdu treknya mulai menanjak, sepanjang melewati trek ini akan ditemani pemandangan hijau hutan pinus.
  • Puthuk Siwur : Dari melewati pos 2 kita akan masuk kawasan hutan dengan trek yang menanjak dan vegetasi pepohonan yang rimbun, setelah melewati kawasan hutan kita akan kembali memasuki area terbuka dengan trek yang tetap menanjak hingga kita bertemu dengan trek yang lebih landai sampai di area datar yang terdapat puncak di sebelah kananya, itu adalah puncak Puthuk Siwur, Puthuk Siwur terletak di sekitar 1.429 mdpl, disini terdapat camp arean dan juga gazebo untuk istirahat sementara menuju puncak Gunung Pundak.
  • Puncak Gunung Pundak : Dari kawasan Puthuk Siwur pendakian dilanjutkan menuju bukit didepan puncak Puthuk Siwur, jalannya berupa jalan setapak yang tertutupi ilalalang, setelah dari tanjakan akan bertemu dengan turunan lalu kembali menanjak dengan kontur yang terjal. Tanjakan ini berupa tanah dan batuan padat sampai di area terbuka di sebuah bukit, ini bukanlah puncak Gunung Pundak namun bukit di sebrangnya merupakan puncaknya, tinggal mengikuti jalanan setapak yang landai dan dipenuhi ilalang hingga sampai di area lapang yang luas dengan tiang bendera yang bertuliskan "Gunung Pundak 1585 mdpl".
Durasi hingga menuju puncak sekitar 1,5-2,5 jam, tergantung dengan kecepatan pendaki dan juga stamina pendaki. Dari puncak Gunung Pundak akan terlihat gagahnya Gunung Welirang yang terasa sangat dekat, bahkan Gunung ini menutupi panorama Sunrise dari puncak Gunung Pundak. Puncak Gunung Pundak yang jadi satu dengan Sabana nya juga cocok untuk pendaki pemula karena tidak perlu summit lagi di pagi-pagi buta. Jika ingin menikmati Sunrise berjalan menuju perbukitan yang dipenuhi ilalang yang tinggi, meskipun Sunrise nya tidak sesempurna gunung lainnya, namun Gunung Pundak Memiliki panorama nya sendiri yang membuat kita ingin kesana lagi dan lagi. Berikut Dokumentasi selama di Gunung Pundak 

























Happy Travelling Guis !!!!


Komentar

  1. Asik kakak, sudah pernah naik kesituu. Coba share pengalaman ke puncak lainnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta