Jelajah Permata Pulau Lombok

Lombok merupakan pulau yang eksotisnya mulai dilirik para traveller, eksotisme pulau dan keindahan bawah lautnya membuat para traveller berburu eksplor pulau ini. pulau ini dibagi menjadi 4 bagian. nah kali ini saya berkesempatan menjelajahi permata pulau ini. Yup Lombok Tengah. layaknya permata. akses menuju daerah ini cukup sulit jika mengandalkan transport umum. ya lombok memang belum cukup ramah untuk para backpacker. untuk menuju lombok tengah dari daerah mataram harus naik bus damri ke Bandara lalu naik ojek menuju lombok tengah dengan biaya sekitar 35.000 an. atau kalau tidak mau ribet caranya adalah dengan menyewa motor. untuk harga sewa motor di daerah mataram berkisar dari 60.000 hingga ratusan ribu tergantung jenis motor yang kalian sewa. dan opsi sewa motor adalah opsi yang sangat disarankan agar kalian bisa bebas eksplor lombok tengah tanpa batas. untuk penginapan di lombok tengah sudah banyak banget, dari harga backpacker sampe harga koper tersedia. dari yang buka pintu langsug pantai atau yang jauh dari keramaian pantai juga tersedia. tinggal booking di e-commerce yang bertebaran wkwk. nah sekarang yuk kita jelajahi permata dari bongkahan permata pulau ini wkwk

1. Kuta Mandalika
Pantai sudah jadi wisata yang wajib dikunjungi di pulau lombok. salah satunya kuta mandalika. yang menarik dari pantai ini meskipun sudah menjadi tempat yang umum dikunjungi dan menjadi salah satu primadona lombok, pantai ini sangat bersih. dan yang membuat aku kagum dan betah disini adalah ombaknya yang tenang dan jelas panoramanya yang gak usah diragukan lagi. dan juga karena ini adalah tempat wisata yang paling banyak tong sampahnya. ini yang buat aku kagum pemerintah bukan hanya membangun untuk mendukung pariwisata tapi juga untuk menjaga kebersihannya disediakan banyak sekali tong sampah bahkan setiap beberapa meter ada tong sampah sehingga kebersihan pantai tetap terjaga. juga di dekat pantai kuta mandalika terdapat masjid yang sangat besar sehingga memudahkan bagi traveller muslim untuk backpacker di lombok tengah. 














2. Seger Kuta
pantai ini berdekatan dengan pantai kuta. dari pantai kuta kalian lurus terus mengikuti jalan ke arah timur ikutin aja anak panahnya. ada dua pintu masuk pantai seger namun saran saya jangan ikutin google maps. karena google maps akan mengarahkan ke pantai seger pintu 1 yang melewati perumahan namun disini  kalian parkir dan harus jalan kaki lagi menuju pantai seger jadi nggak bisa langsung ke pantainya. lebih baik ikutin plang di jalan nanti kalian akan melewati perkampungan dan memang jalannya nggak enak tapi setidaknya kalian nggak perlu risau karena parkirannya didepan pantai langsung. tiket masuk pantai ini adalah 5.000. pantai seger ombaknya jauh lebih bergemuruh, dan pantai ini juga dipakai para turis lokal maupun luar untuk surfing, apalagi saat sore saat laut pasang ombaknya gede banget dan seru untuk melakukan surfing, untuk kalian yang mau surfing nggak usah bingung kalau nggak punya papan seluncur disini banyak yang menyewakan papan surf atau juga tempat duduk untuk santai di pinggir pantai. sambil menunggu sunset tiba. 







3. sunset point pantai seger kuta
nah untuk menikmati sunset di pantai seger kalian harus naik ke tebing yang cukup tinggi dan curam, karena tebing ini tidak didesain untuk didaki jadi harus ekstra hati-hati naiknya apalagi kalau bawa anak kecil. tapi sampe atas kalian nggak akan nyesel. kalian aka disuguhkan keindahan pantai seger dari atas yang sangat eksotis. ombak yang berlari-lari berpadu dengan sinar mentari yang hendak pamit membuat waktu seakan berhenti. subhanallah, tidak henti saya mengucapkan syukur atas keindahan yang disuguhkan Allah didepan mata saya. 







 


4. Pantai Tanjung Aan
Pantai ini agak jauh dari dua pantai sebelumnya namun tetap searah dengan pantai seger kuta. menurut saya yang membuat pantai ini berkesan adalah perjalanan nya menuju pantai ini, kalian akan disguhkan dengan pemandangan yang biasa kalian lihat di fast furious, ya seperti lintasan balapan (ya memang disini sedang dibangun circuit balapan hehe) naik turun, bekelok kelok namun tetap indah dengan danya jajaran bukit/lereng juga hamparan padang savana dengan kerbau-kerbau yang sedang asyik menikmati rumput. sama dengan pantai seger pintu masuk pantai ini ada dua yang jauh dengan masjid aan lebih ramai, namun yang dekat dengan masjid aan lebih sepi (tapi mungki beberapa tahun lagi akan sama rame). tiket masuknya juga 5.000. di pantai ini ombaknya tidak terlalu besar namun juga nggak tenang, jadi nyaman lah, disini banyak wisatawan yag berenang atau hanya bermain volly pantai. yang berkesan dari pantai ini pasirnya yang putih namun kasar teksturnya. 








5. Bukit Merese 
keindahan bukit merese sudah nggak usah diragukan lagi. eksotisme bukit ini waktu sunset sudah menjadi hal wajib yang harus kalian kunjungi kalau ke lombok tengah. jalan menuju bukit ini memang lumayan serem kalau sendirian kalian harus melewati hutan dan masuk ke perkampungan warga lalu harus naik ke bukit yang cukup tinggi. tapi saat sudah diatas sudahlah gausah pulang woyyyy bagus banget dan bersih banget, disini pun banyak tong sampah di beberapa titik dan luas nya bukit ini yang banyak dijadikan tempat piknik yang antimainstraim. menikmati sunset dari atas bukit ini memiliki ke eksotisan sendiri karena pantai yang merada di bawah bukit ini memiliki gemuruh ombak yang keras, angin yang gak mau kalah dengan ombak membuat suasana sore kalian nggak akan kalian lupakan. seperti melihat taman surga. cantiknya bukit ini membuat kalian ingin kembali mengunjunginya. sunset terbaik selama 20 tahun saya hidup :) bigluvvvvv. oiya tiket masuknya disini 5.000 dan nggak ada penjual makanan/warung jadi jangan lupa bawa bekel dan tetep jaga kebersihan ya guis













6. Pantai Selong Belanak
kalau pantai ini kearah yang berlawanan dari pantai-pantai sebelumnya. dan untuk menuju pantai ini jalannya lebih ektrim dari pantai yang lain, jalannya yang tanjakannya nggak main bahkan nggak jarang motor merusut. juga tikungannya yang nggak main-main. maka dari itu di pantainya pun nggak terlalu rame karena aksesnya yang cukup sulit dan jauh dari pusat lombok tengah. kalau kalian mau balik ke mataram bisa lewat jalur ini sekalian wisata lagi hehe tapi hati-hati ya guis. pantai ini ombaknya hampir sama dengan pantai tanjung aan, namun disini pasirnya lebih halus dan lebih putih dari tanjung aan. disini juga ada banyak kapal nelayanyang nangkring di pinggir pantai. tiket masuknya 5.000. 









happy travelling guis !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta