Liburan ke Gili Trawangan anti boros

Gili Trawangan. salah satu pulau diantara banyaknya pulau kecil di pulau lombok. eksotisme gili trawangan pun sudah menjadi pembahasan umum dikalangan traveler. terutama eksotisme keindahan lautnya. Namun karena saya tidak bisa berenang saya melewati keindahan ciptaan-Nya yang sudah disediakan untuk dikunjungi. Tapi bukan berarti nggak bisa berenang nggak bisa menikmati keindahan pulau ini. Yang menarik dari pulau ini adalah larangan adanya kendaraan bermotor yang membuat pulau ini masih terjaga keasrian nya. 

Jika ingin mengunjungi pulau ini ala backpacker ada beberapa opsi untuk menuju pelabuhan bangsal
1. Dari Bandara Internasional Lombok, kalian naik Bus damri menuju pantai sengigi dengan tarif Rp 40.000. lalu dari pantai sengigi kalian naik ojek, nah disini harganya tergantung seberapa ahli skill kalian menego hehe. harganya sekitar 25.000-35.000 sampai di pelabuhan bangsal. 
2. Dari pelabuhan lembar, kalian naik angkot ke arah pasar sayang-sayang tapi turun di POL DAMRI MANDALIKA MATARAM. setelah itu naik bus damri menuju sengigi dan naik ojek seperti yang dijelaskan sebelumnya
3. Cara yang paling efisien adalah menggunakan kendaraan pribadi. bisa dengan menyewa motor jika pergi berdua, namun jika sendirian tidak disaranka karena rute yang bisa dilewati ada dua cara, ke arah pantai sengigi yang jalannya melewati banyak pantai, namun tanjakannya lumayan curam dan beberapa tikungan tajam. atau melewati jalur gunung sari yang tanjakannya lebih bersahabat namun tikugannya sangat banyak dan berbahaya. namun kelebihan melewati gunung sari yaitu selama perjalanan udaranya sejuk karena melewati hutan, dan kalian akan bertemu dengan banyak monyet liar di pinggir jalan (jangan menggantungkan makanan ya, nanti mereka loncat). sampai di pelabuhan bangsal kalian bisa menitipkan motor kalian di penitipan motor dengan harga Rp 5.000/malam

setelah sampai pelabuhan bangsal kalian langsung ke ticket office (TOLAK CALO) untuk membeli tiket kapal menuju gili trawangan dengan harga 15.000/orang. setelah itu kalian menunggu di tempat kapal-kapal diparkir menunggu hingga penumpang penuh lalu jika sudah penuh maka akan ada pengumuman dan kalian bisa naik kapal. Untuk yang mabuk laut disarankan makan dulu sebelumnya dan bawa permen/air mineral untuk meredam mabuk. karena ombaknya cukup tinggi terutama jika musim penghujan. lama perjalanan laut yaitu sekitar 20-30 menit tergantung cuacanya

EKSPLOR GILI TRAWANGAN
Cara eksplor gili trawangan dengan backpacker adalah dengan jalan kaki, ada opsi menyewa sepeda ontel dengan biaya 50.000/hari tergantung dompet kalian hehe. menurut saya karena pulau ini kecil jadi lebih baik dengan jalan kaki, karena kemana-mana dekat. saat sunset kalian berjalan ke arah barat pulau ini, dan kalian akan di hipnotis dengan eksotisme sunset dengan deburan ombak dan pasir putih serta musik dari cafe-cafe disekitar pantai. sunset di gili trawangan sekitar jam 19.00 WITA lalu setelah matahari tenggelam masih ada keajaiban magic hour yang dilukiskan di langit-langit gili trawangan. 

jika sudah malam hari gili trawangan masih sangat rame, di sekitar pelabuhan banyak restoran/cafe/penjual kaki lima di night market gili trawangan. dari masakan lokal hingga masakan internasional. namun karena bahan-bahan di sini diambil dari lombok maka harganya cukup menguras kantong, maka kalau kalian backpacker kesini harus bisa tahan mata dan hati ya wkwk

paginya mari berlari ke arah pelabuhan bangsal menikmati eksotisme matahari muncul diantara lukisan gunung-gunung disebrang pulau. matahari mulai menunjukkan cahayanya pukul 05.00 WITA dan akan muncul sekitar 30 menit kemudian. kalau kalian mau membuat timelapse jangan lupa tripod dan batre cadangan ya. dan set kamera kalian sebelum pukul 05.00 goodluck !!!!

siangnya pulau ini tetap rame, banyak yang berkeliling dengan sepeda dan banyak juga yang berjalan kaki. kalau kalian bisa berenang/snorkling jangan lupa nikmati keindahan bawah lautnya ya. 

yang membuat saya kecewa dengan pulau ini adalah, karena ke eksotisannya yang sudah banyak ter-eksplor maka jarang saya melihat rumah penduduk yang banyak saya temui adalah hotel/hostel.  bahkan pasca gempa kemarin banyak bangunan-bangunan baru yang membuat keaslian pulau ini lama kelamaan hilang. terutama banyaknya hostel murah di pulau ini. berbeda dengan dua pulau yang juga sama eksotisnya yaitu Gili Meno dan Gili Air yang masih sedikit penginapan dan penginapan disana lebih mahal. untuk ticket ke Gili meno dan Gili air harganya nggak jauh beda degan ke Gili Trawangan kok. silahkan menikmati keindahan Gili Lombok Utara :)

ini dokumentasi saya selama di Gili Trawangan


























happy travelling guis !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta