Kota Kembang Bandung (Lembang)

Next..next...next.. selesai explore tipis jakarta aku melanjutkan perjalanan ke bandung. akses dari jakarta ke bandung bisa menggunakan kereta lokal dan kereta antar kota. tapi sebelum membeli tiket kereta lokal pastikan bahwa stasiunnya masih buka ya, karena ada beberapa stasiun di bandung yang di tutup. untuk aman lebih baik menggunakan kereta antar kota saja. selisihnya memang jauh. untuk kereta antar kota di bandrol 63.000 dari stasiun pasar senen ke kiara condong/ cimahi. sedangkan untuk kereta lokal 14.000 dengan transit di purwakarta dulu. terserah kalian mau pilih yang mana hehehehe. nah di bandung aku pergi beberapa hari. kali ini aku akan share pengalaman ku di beberapa tempat di bandung bagian utara di kabupaten lembang. 











1. Dusun Bambu
biasanya kalau ke bandung kita pasti ke farm house. yap emang tempat itu yang buat lembang terkenal. tapi ada juga tempat yang nggak kalah bagus dan tetep dapat kesan natural. bahkan sangat natural menurutku. namanya dusun bambu. alamatnya di Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. ya dusun bambu memang tidak terletak di lembang, tapi searah jika ke lembang. untuk harga tiket masuknya yaitu 30.000/ orang mahal memang tapi selain dapat tempat yang bagus untuk liburan, dan rekreasi keluarga kalian juga bisa menukarkan tiket masuk saat pulang dengan bibit tanaman. untuk fasilitas yang disediakan yaitu wara-wiri. semacam bis mini yang berkeliaran disekitar dusun bambu dan gratis untuk para pengunjung. untuk harga parkir motor mahal sih 10.000/motor. saat masuk kalian akan langsung disambut dengan sawah yang tidak terlalu luas, tapi sangat asri bahkan ada kerbau yang sedang membajak sawah waktu saya berkunjung disana. selain sawah ada juga taman bunga, arena bermain (play ground), restoran/resort tempat berkemah dan yang menjadi primadonanya adalah danau yang dikelilingi rumah bambu rumah-rumah ini bukan penginapan melainkan restoran yang tepat disisi danau. jadi kalian akan mendapatkan sensasi makan dipinggir danau yang tenang. kalau nggak mau makan kalian juga bisa kok naik perahu kecil untuk mengelilingi danau, tentunya harus bayar lagi ya wkwk. nah berikut ini dokumentasi saya di dusun bambu.


































































2. Observarium Boscha
yupppp. tempat ini masuk list saya karena saya ingin ke teropong putih yang sudah menjadi trendmark tempat ini. namanya teropong zeus. eitsssss kalau kalian mau kesini pastikan kalian buka website observarium dulu dan mendaftar terlebih dahulu ya. karena ada jadwal tertentu untuk pengunjung, biasanya dibuka dihari sabtu. selain itu kalian tidak diperbolehkan masuk. untuk tiket masuknya yaitu 15.000/orang dan tempat ini tutup di hari minggu dan senin. alamat tempat ini ada di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391  tempat ini bukanlah tempat untuk umum, tapi tempat observasi untuk mahasiswa itb. jadi kalaupun kalian mendapat ijin kesini jangan membuat gaduh dan onar ya karena ini tempat belajar guisss. nah ini dokumentasi saya dari boscha.






3. Floating market
nah ini merupakan tempat makan dengan konsep yang hampir sama seperti pasar apung di kalimantan. tempatnya deket banget dariobservarium sekitar 6 menit sampe. untuk harga tiket masuknya 20.000/orang dan parkirnya 5.000. tapi tiket masuk nya nanti bisa ditukerin segelas minuman kok, seperti coklat,kopi,orange juice dan lain-lain, lumayan wkwk. saat masuk kalian akan disambut dengan danau yang lumayan luas, dan dikelilingi oleh kapal-kapal kecil yang menjajakan makanan, dari makanan berat hingga makanan ringan. untuk pembayarannya yaitu menggunakan koin khususu yang kalian tukarkan di loket penukaran uang. untuk harganya disini kelipatan 5.000, jadi nggak ada harga 18.000 guis wkwk. selain tempat makan disini juga ada penyewaan berbagai transport air, dari bebek-bebek an, kapal, speed boat, dan lain sebagainya. bukan hanya itu disini juga ada area play ground, garden, taman kelinci, kolam ikan, kolam renang, dan miniatur kota. serta area miniatur jepang dan korea serta masih banyak spot lainnya. selain ngisi perut juga ngisi kebahagiaan dengan keluarga. seru deh kalau kesini bareng keluarga atau temen bisa kulineran dan juga main deh. nah alamatnya ada di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Nomor telepon 022-2787766. nah ini adaah dokumentasi saya di floating market




















4. alun-alun lembang
nah kalau ini masuk wisata gratis di lembang hehe. tapi alun-alun lembang hanyalah lapangan upacara yang tidak begitu luas dan ada masjid agung disebelahnya. disini cukup bayar parkir aja kok hehe.




5. curug maribaya
nah udah puas di daerah lembang, sekarang di daerah maribaya deh. di daerah maribaya ada banyak ttempat wisata, ada lodge,pemandian air panas dan curug. curug adalah air terjun. untuk harga tiket masuk nya yaitu 12.000/ orang dan parkirnya 5.000. nah di curug ini nggak hanya ada curug maribaya aja, tapi bebragai destinasi juga. dan tiketnya udah terusan loh, ada monumen Ir. H. Djuanda, curug dago, museum Ir. H. Djuanda, out bond area, goa jepang, goa belanda, curug omas, penangkaran rusa, curug koleang, dan tebing keraton. tapi untuk menjangkau semua itu kalian harus jalan kaki. ke curugnya aja kalian harus jalan sekitar 30 menit, dengan trek naik-turun di hutan raya. suasanan yang dirasakan kayak mau ke gunung, bahan saat perjalanan kalian bisa lihat tebing yang gagah berdiri, dan view ini mengingatkan aku sama view trek di ranu kumbolo lo. suasana di hutan adalah suasana yang paling cocok untuk healing dari keriuhan kota. sesekali ada beberapa monyet yang hidup bebas. dan sampai di kawasan curug kalian akan disambut oleh tour guide dadakan. ya mereka tiba-tiba menamani kita lalu menunjukkan jalan menuju curug. tetap waspada ya guis. alamat tempat ini ada di kompleks taman hutan raya Ir. H. Djuanda No 99 Dago pakar, Bandung. mereka juga dibayar sukarela kok. nah ini dokumentasi saya di daerah curug maribaya.





















6. Dago dream park. 
nah kalau ini tempat wisata foto kekinian untuk keluarga. letaknya ada di jalan searah ke bandung kota dari maribaya. yaitu di Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135. harga masuknya 25.000/orang dan parkir 5.000. nah untuk tiket masuk nanti bisa kalian tukerkan dengan kipas kertas, dan dua tiket masuk dapat satu sticker. nah disini ada tempat foto ekstrim kekinian ituloh, foto di karpet aladin, di sangkar burung dan di sepeda yang jalan di tali kayak di sirkus itu wkwk. nah setiap spot foto kalian harus bayar dengan bandrol sekitar 20.000-30.000. selain tempat foto ekstrim, ada juga tempat playground untuk anak-anak dan tempat playground untuk orang dewasa. ada banyak restoran juga disini. tempat ini cocok buat liburan keluarga ya guis. kalian butuh uang lebih untuk berkeliling tempat ini dan waktu yang banyak juga. nah ini dokumentasi saya di dago dream park guis..




















nah itu tadi pengalaman ku di daerah bandung barat dan utara. selain disini nanti nya aku lanjut di bandung selatan, tunggu ya guis. happy travelling guis!!! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta