Round Trip edisi Blitar-Jakarta-bogor

hay hay hay... aku barusan balik dari roundtrip nih, aku habis menyusuri 5 kota 4 provinsi hehe, sekarang aku mau share nih pengalaman ku kemarin di ibu kota jakarta dan sekitarnya. dan juga tips n trick  untuk kalian yang mau ke jakarta. untuk kalian yang mau ke jakarta sekarang harga kereta ekonomi sangat murah loh. dari surabaya(pasar turi) langsung ke jakarta(pasar senen) cukup dengan harga 104.000 per orang, sedangkan kemarin aku naik dari surabaya (wonokromo) ke blitar dengan harga 15.000 lalu dari blitar ke jakarta(pasar senen) harga tiketnya 84.000. lebih hemat 5.000 dan di blitar kita transit selama 3 jam. mau ke alun2 aja bisa, atau kalau mau eksplor deket stasiun saranku ke kampung coklat atau ke kampung afrika udah cukup kok, sayang kemarin aku hanya di alun-alun aja karena capek hehe. perjalanan dari surabaya ke blitar yaitu 4 jam, sedangkan dari blitar ke jakarta sekitar 15 jam. saat sampe di jakarta jika kalian mau beberes tapi belum jam check in hotel, kalian keluar aja dari stasiun pasar senen lalu jalan ke kanan stasiun, melewati orang-orang yang menjajakan jajanan, lurus terus entar kalian nemu masjid, yang biasa disinggahi traveller. kalian bisa shalat dan mandi disini, dan hanya membayar seikhlasnya saja. jika kalian sampai sebelum shubuh, masjid ini hanya buka sampai jam 06.00. setelah beberes kemarin aku langsung berangkat ke bogor sambil nungguin jam check in hotel. nah ini nih yang buat aku takjub sama jakarta, jakarta yang dipikiran kita macet sekarang nggak usah capek lagi. ada beberapa kendaraan umum yang bisa kalian naiki dengan harga sangat murah. ada krl dengan harga antara 3.000-6.000, ada bussway yang kemanapun jauh ataupun deket hanya 3.500, dan ada mrt dengan harga 8.000 kemanapun. namun masing-masing kendaaran ada plus dan minusnya
kalau kalian mau berpergian di daerah jabodetabek kalian naik krl aja, selain lebih murah juga lebih efisien, karena jangkauannya lebih jauh.  tapi jika kalian mau keliling jakarta dari barat-utara-timur-selatan kalian bisa naik bussway. tapi bussway jauh lebih ribet karena haltenya banyak banget, jadi kalau kalian pertama kali ke jakarta jangan pernah malu untuk bertanya dari pada kalian nyasar. sedangkan kalau mau naik mrt hanya menjangkau daerah jakarta pusat, dan lebih mahal. tapi keretanya lebih bagus dari krl, lebih bergengsi gitu kalau naik mrt. nah jakarta sedang menuju kota tanpa uang tunai. jadi untuk menaiki transportasi yang tadi aku sebutkan semuanya pakai kartu. tap langsung masuk. ada beberapa kartu yang bisa kalian pakai, ada kartu untuk krl sendiri, bussway sendiri dan mrt sendiri. tapi kalau kalian nggak mau ribet kalian bisa pakai kartu dari bca yaitu flazz, satu kartu bisa untuk semuanya. dan setiap tap akan muncul saldo terakhir, jadi selalu perhatikan saldo kamu ya. kalau kartu-kartu yang sendiri-sendiri kalian bisa top-up di stasiun/halte manapun, sedangkan untuk karti flazz kalian bisa top up di atm bca atau di swalayan tertentu. nah udah tau transportasi di jakarta. aku lanjut ke bogor.

1. Bogor (Istana Kepresidenan)
jakarta-bogor ditempuh 2 jam. di krl pun kalian harus selalu memperhatikan sekeliling, karena peraturan di gerbong benar-benar di patuhi, kalau ada lansia,ibu hamil, ibu yang bawa bayi dan orang cacat kalian harus memberikan tempat duduk  kalian, kalau nggak kalian akan ditegur. sampai bogor aku mampir ke istana kepresidenan. letaknya deket dengan stasiun jalan kaki sekitar 10 menit sampe, istana kepresidenan terletak disebelah kebun raya bogor. kalau masuk istana kepresidenan nggak dikenakan biaya tapi kalian harus mengurus perizinan seminggu sebelum hari-h. untuk cara mengurusnya kalian browsing aja di gugel banyak yang jelasin cara mendaftarnya. wkwk. di dalam istana predisen yang mungkin lebih tepat disebut museum kepresidenan  ini kalian akan di tunjukkan perjuangan dan fakta-fakta yang jarang kalian tahu dari setiap presiden. setelah menelisik sejarah bangsa. ada juga ruang hometheatre yang menampilkan video-video perjuangan tentunya. museum ini terdiri dari 3 lantai, lantai satu ruangan umum ada patung2 presiden dan beberapa foto presiden kita. di lantai 2 ada ruangan tiap presiden, disini bahkan ada barang-barang eksklusif seperti buku harian b.j habibie dan peralatan angkatan pak sby dan lain sebagainya. setelah mengelilingi ruang tiap presiden kalian masuk ruangan games, ada semacam kuis yang mengasah pengetahuan kalian tentang presiden indonesia. kalau kalian mendapat nilai minimal kalian akan dapat e-sertifikat yang akan dikirim di email kalian wkwk. seru deh jadi banyak tau dan dapat penghargaan deh. sedangkan di lantai tiga ada taman mini yang apik tapi panas karena desainnya seperti rooftop gitu. hehe

2. jakarta (kota tua)
yah ini emang sangat mainstraim banget, tapi kemarin aku mengunjungi kota tua dengan dau waktu yang berbeda dan suasananya pun berbeda. aku sempat mengunjungi malam hari. kota tua kalau malam hari hampir kayak alun-alun, ada live music, dan banyak kerumunan orang mendengarkan, ada yang pacaran, diskusi dan lain sebagainya. saat malam hari juga hanya ada beberapa lampu saja di pinggir-pinggir. suasana malam hari lebih homey dan nyaman. sedangkan suasana pagi hari beda banget. kota tua emang lebih cantik di pagi hari. semua bangunan tua yang legendaris itu kelihatan dengan jelas. namun jarang aku lihat orang lokal kalau pagi hari, lebih banyak turis yang datang untuk berfoto disini, ada beberapa penyewaan becak dan onthel untuk keliling sekitar kota tua dan berfoto. jadi kalian tim malam atau pagi nih ? wkwk

3. jakarta (sea world)
nah kalau ini sebenarnya taman hiburan keluarga wkwk. yup ancol. kalau mau kesini bisa naik krl kok turun di krl ancol terus naik angkot 5.000 sampai di gerbang ancol, kalau mau lebih hemat pake bussway aja langsung masuk di ancol dengan 3.500 aja wkwk. tapi harus beberapa oper tentunya. nah di loket masuk kalian akan membayar sebesar 25.000 dan kalian bisa kemana aja tapi bayar lagi ya wkwk. kemarin aku mendatangi seaworld. dari loket masuk kalian tinggal nunggu bis wara-wiri dan diantar ke manapun tujuan kalian secara gratis. untuk tiket masuk sea world kemarin aku beli via app traveloka dan lebih murah, kalau beli langsung 85.000, tapi kalau beli di app hanya 82.000 ya lumayan lah wkwk. ada juga tiket terusan sama di atlantis sekitar 200 ribuan tergantung weekday atau week end. masuk di sea world kalian akan masuk zona air tawar, dan dihadapkan oleh akuarium piranha, disekeliling ada banyak banget jenis ikan yang jarang kalian temui. disini juga ada ikan hiu lo, ada ikan pari juga dan juga ubur-ubur. nggak hanya lihat satwa laut secara dekat kalian juga berinteraksi dengan beberapa hewan diantaranya kura-kura, ikan kecil dan bintang laut. selain itu ada juga beberapa pertunjukan setiap harinya, kemarin aku sempat menikmati pertunjukan ikan hiu yang lagi dikasih makan, mereka ganas banget makan daging-daging yang dilempar pihak ancol. ada juga akuarium yang besar banget dan bisa dimasuki penyelam, karena ikannya nggak terlalu ganas. aku kurang tahu sih apakah pengunjung bisa menyelam juga, tapi lihat penyelam itu aja udah girang akunya wkwk. spot yang paling aku suka adalah akuarium edukasi, disana ada akuarium yang dipenuhi sampah, dan mengedukasi kita bahayanya sampah platik di lautan, juga keterangan lamanya sampah-sampah itu terurai. ada juga spot yang aku suka adalah spot ubur-ubur karena ubur-ubur nya bukan yang kita lihat di spongebob atau yang ada di yutup-yutup. ubur-uburnya cantik banget dipadu dengan warna-warni lampu akuariumnya. kalian juga bisa masuk di trowongan akuarium, kalian bisa lihat ikan-ikan berenang bebas di samping dan diatas kalian. dan kalau kalian capek kalian duduk aja di depan akuarium besar yang didepannya ada mini stadion gitu. duduk sambil lihat akuarium yang gede dan ikan berenang bebas bikin kalian tenang deh. pokoknya puas banget deh keliling sea world ini

4. jakarta (danau ancol)
nah kalau ini sih wisata gratis wkwk. nggak perlu bayar tiket lagi, disini anginnya kenceng banget, dan daerah ancol juga menjadi salah satu tempat lomba asian games loh. disini juga ada penyewaan kapal dan beber2an. cuman karena panas banget kmrn jadi aku cuman ditepian danau aja. sama similir angin yang kenceng wkwk.

5. jakarta (monas)
aku nggak bisa sare banyak sih tentang tempat ini, aku udah pengen banget kesini tapi karena kemarin aku datang hari senin monas lagi tutup. jadi kalian kalau mau ke monas jangan datang hari senin ya. ya semoga bisa ke sana lagi next time

nah ini dulu ya blog ku kali ini, tapi tenang cerita akan berlanjut, dari jakarta aku akan eksplor ibu kota jawa barat, yups bandung. see youu. happy travelling guis !!!