Round Trip Pacitan -Yogyakarta (2)

Haihaihai... abis puas main pantai di pacitan, esoknya tanggal 22 Januari aku sama temenku lanjut perjalanan ke kota yang udah aku tulis di blog ini hehe, tapi dengan destinasi berbeda makannya aku akan tulis pengalaman ku kali ini hehe,,, see ya yogyakarta :)) kota 1000 kenangan :). destinasi ku kali ini disekitar kota aja, karena waktu yang singkat dan minimnya budget hehe, jadi ini akan jadi one day trip mumer di jogja wkwk. semoga bermanfaat guis :)

1. Taman Sari
nah kalau sebelumnya di keraton yang banyak mengulik tentang sistem kerajaan di kota istimewa ini, kali ini saya melipir ke taman sari tempat pemandiannya putri-putri keraton hihi. tempat ini sangat ramai karena selain tiket masuk yang murah yaitu 5000-7000 untuk warga lokal dan 25.000 untuk warga asing, taman sari juga luas dengan banyak spot foto yang dijamin instagramable banget, ada juga jasa pemandu yang akan menerangkan kalian cerita dibalik setiap bangunan taman sari. taman dengan luas kurang lebih 10 hektar ini memang gak cukup buat kamu yang mau jalan-jalan dengan waktu terbatas, karena dari pintu masuk kalian akan bertemu dengan danau buatan, lalu ada gedung2 juga, dan gak ketinggalan spot andalan yaitu masjid taman sari yang bangunannya terdiri dari banyak anak tangga, bangunan ini agak nyempil guis, dari danau buatan kalian terus lurus mentok, terus masuk gang kecil disebelah kiri jalan kalian akan bertemu dengan kios-kios, lalu ikuti jalan sampai bertemu perempatan pertama kalian belok kanan terus ikuti jalan sampai ada jalan yang naik disebelah kanan jalan kalian lewat situ terus ada lorong kalian masuk, dan ikuti jalan sampai di tempat anak tangga itu, tapi kalau kalian mau masuk kesini kalian harus menunjukkan lagi tiket kalian, jadi tiketnya jangan sampai hilang ya guis....  setelah dari masjid kalian bisa langsung ke pintu keluar yang gak jauh dari masjid taman sari, setelah keluar dari masjid kalian lurus sampai lorong di sebelah kiri jalan kalian masuk, nanti kalian akan menuruni anak tangga dan lewat lorong yang biasanya ada musisi jalanan disana, suaranya enak banget hehe, jangan lupa beri apresiasi bakat mereka ya guis jangan nyelonong aja hehe....















2. Museum Benteng Vredeburg
setelah puas jalan-jalan di taman sari, sorenya aku lanjut cus ke museum vredeburg, mudeum ini berada di tengah kota dekat dengan titik nol yogyakarta dan juga alun-alun yogayakrta. jadi kalau kalian meginap disekitar sana cukup jalan kaki aja, jalan kaki di jogja enak kok banyak yang jalan kaki juga jadi kayak diluar negeri wkwk. untuk tiket masuk museum ini cukup dibandrol  2000 untuk anak-anak, dan 3000 untuk dewasa, didalam museum terdapat kantin,mushola dan kamar mandi di gang yang berada disebelah kanan dari pintu masuk museum, di gang bagian sebelah kiri terdapat spot foto berupa bangunan tua berwarna putih. museum ini cukup kecil jadi perlu waktu sebentar aja untuk mengelilingi museum ini, di bagian kanan kiri jalannya terdapat gedung yang bisa kita masuki, berisi cerita sejarah indonesia selama masa penjajahan belanda-jepang, didalam museum suasananya enak dengan lighting yang pas dan hangat juga udara yang dingin sangat mendukung untuk proses belajar nih wkwk, didalam museum banyak miniatur yang menggambarkan penjajahan di Indonesia jadi cocok buat ajarin si kecil sejarah bangsa. lalu selain patung-patung dan miniatur ada juga ruangan dokumenter yang bisa kalian tonton hihi, di pintu keluar museum terdapat semacam jembatan dengan tangga dibagian kanan dan kiri jalannya. bagus deh hehe. 














3. Titik nol Yogyakarta
sebenarnya ini hanya perempatan jalan biasa yang ditetapkan sebagai titik nol kilometer yogyakarta, tidak ada monumen khusus atau sesuatu penanda, titik ini berdekatan dengan museum vredeburg jadi jalan kaki aja guis kalau mau foto kesini karena banyak juga pejalan kakinya, titik ini dilengkapi banyak tempat duduk di salah satu titik didepan monumen serangan umum 1 maret, dan juga banyak gedung-gedung tua peninggalan belanda salah satunya gedung bank indonesia,gedung kantor pos indonesia, dan gedung bank negara indonesia yang eksotis yang mengapit jalan menuju alun-alun kraton Yogyakarta. titik ini juga berdekatan dengan malioboro spot belanja di yogyakarta yang sudah amat wajib kalian hinggapi hehe. 








4. Tempo de Gelato, 
nah dari titik nol sebelum malam di jogja saya melipir dulu nih ke tempo de gelato, berada dijalan Prawirotaman No.43, Brontokusuman,Mergangsan,Kota Yogyakarta,DIY. sedikir jauh dari titik nol yogayakarta, tempat ini menjual ice cream gelato dengan berbagai macam rasa yang unik hehe, harganya pun cukup murah menurut saya dibandrol 20.000-115.000 tergantung pakai cup atau cone dan juga tergantung banyaknya variant rasa yang kamu pilih hehe, kalau rame-rame memang enak pilih cup size big biar banyak rasa, kalian juga bisa incip dulu sebelum memilih rasa tapi jangan keterusan ya hehehe, abis dong ntar wkwkw. disini juga disediakan air mineral gratis untuk menetralisir mulut kalian, ada kamar mandi juga, tapi tidak ada mushola disini, jadi yang mau shalat cari di lain tempat ya, suasana di restoran ice cream satu ini memang enak, di pinggir jalan yang ramai, ditemani ice cream yang enak dan juga ruangan yang dingin, dengan lighting hangat yang menenangkan, aih enak betul. untuk variant rasa tidak usah ragu banyak banget hehe, sampai ada rasa yang aneh menurut saya yaitu ice cream rasa kemangi dan salted caramel hehe, lucu rasanya tapi sedikit enek menurut saya hehe. 





nah dari tempo gelato saya mampir ke malioboro, saya tidak ingin bercerita banyak karena susasana malioboro tetap sama seperti biasanya, hanya saja yogyakarta 2019 lebih hangat namun lebih ramai, malioboro juga tetap ramai, dengan barang khas yang dijual yaitu batik-bakpia pathuk dan aksesoris khas jogja lainnya, ya akses yang semakin mudah dan murah membuat kota ini akan selalu menjadi kota tiap taun untuk dikunjungi, yogyakarta dengan destinasi yang semakin bertambah semakin menarik banyak orang untuk menjenguknya walau hanya sehari saja :)







happy travelling guis!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta