Bukan Hanya Sunrise Bromo yang Cantik.



Bromo.... nama yang sudah tidak asing ditelinga kita, kecantikan gunung yang sudah jadi rahasia umum. dari kecil saya sangat menginginkan melihatnya secara langsung, gunung yang hanya saya bisa pandangi lewat google, beberapa hari lalu Allah memberi saya kesempatan untuk melirik keeksotisannya. akan saya jabarkan pengalaman dan info-info yang saya miliki serta tips untuk kalian yang ingin menghabiskan liburan di bromo.

1. Sunrise View Point
sangat rugi menurut saya jika ke bromo tapi tidak melihat keindahan sunrisenya. pihak manajemen pariwisatanya pun telah menyediakan titik untuk kalian melihat sunrise di padu dengan keindahan bromonya. ada tiga titik untuk melihat sunrise yang bisa kalian lihat, tempat pertama dan paling umum adalah penanjakan. disini disediakan duduk kayak di stadion. dan untuk orang yang pertama kali ke bromo pasti ingin ke penanjakan, memang bagus karena penanjakan berada di titik teratas untuk melihat sunrise, namun karena banyak orang yang tau maka pasti rame sekali disini, berdesakan dengan banyak orang. tapi saya senang meskipun berdesakan dengan banyak orang karena sebelum sunrise saat langit masih gelap saya disuguhkan langit yang sangattttt banyak bintang, benar-benar terasa dekat bintangnya. saya belum pernah melihat bintang sebanyak itu, saya sampai heran kemana selama ini bintang-bintang sebanyak ini. sangking indahnya langit malam itu, bintang-bintang tidak mengijinkan saya untuk memotret keindahannya. akhirnya saya hanya bisa melihat dan menikmati betul-betul saya ingat penampakan malam itu, saya tidak ingin melupakannya. selain penanjakan ada bukit gorila, hehe seram ya namanya. bukit ini berada di bawah, dan bukit ini juga sudah ramai orang, biasanya yang kesini mereka yang sudah ke penanjakan atau mereka yang tidak kuat jalan naik terlalu lama. dan tempat terakhir yang belum banyak orang tau adalah syariah mandiri. hehehe sebenarya ini adalah tempat ibadah letaknya persis dibawah tempat penanjakan. sebenarnya saya ingin kesini tapi karena saya baru pertama maka saya ke penanjakan hehehehe. tapi tidak ada salahnya melirik tempat ini agar ibadahnya mudah diakses juga hehe. untuk penampakan sunrise sudah tidak usah diragukan. pagi itu 12 Agustus 2018 saya disuguhkan karya tuhan yang luar biasa indah dan menakjubkan.penampakan bromo dari gelap hingga disinari oleh sang mentari sangat indah, mentari yang menghangatkan saya dikala udara yang sangat dingin, saat itu mencapai 9 derajat celcius. sungguh momen yang sangat luar biasa, bromo menunjukkan kebesarannya. hal yang dulu hanya bisa saya lihat di internet dan plang-plang pariwisata saat itu saya menyaksikan secara langsung keindahannya. sungguh nikmat tuhanmu yang mana lagi yang engkau dustakan.







2. Ledhok Widadhari
terdengar aneh namanya, di maps pun tidak mendetekdi namanya, di maps dikenal dengan lautan savana bromo.posisinya tepat berhadapan dengan gunung Bathok dan tebing perjalanan untuk ke sunrise view point. posisinya berada di bawah dan dekat kawah bromo. disini anginnya masih kencang dan debunya lumayan banyak, jadi lebih baik bawa sunglasses atau kacamata biar tidak kelilipan. di daerah sini kalian akan menemukan banyak orang melakukan atraksi motor tril dan orang naik motor lainnya, tapi saran saya lebih baik kalian naik jeep atau motor tril jangan motor kota karena kemarin tidak sedikit yang terpolosok ke tanah atau bannya tidak bisa jalan di sana, karena pasirnya lumayan tebal dan ada beberapa gunungan pasir. disini juga sering dijumpai badai pasir kecil-kecilan. jadi jangan lupa masker penutup mulutnya ya.







3. Kawah Bromo
belum ke bromo kalau nggak kekawah. itu mindset orang-orang sana, dan menurut saya itu benar, buat apa ke bromo kalau belum ke kawahnya. kawah bromo berada di balik kawasan ledhok widadhari. untuk menuju ke start point kawah ada tiga cara, pertama dengan jalan kaki, di kawasan kawah jeep atau mobil lain diparkir jauh sekali dari kawah. jadi kalian bisa jalan kaki untuk start point kawah. kedua dengan naik motor, di kamar mandi dekat start poinyt kawah terdapat parkiran motor bagi kalian yang naik motor. tapi letak prakirannya juga lumayan dari start point kawah kalian harus naik gundukan batu dan pasir untuk menuju start point kawah. dan cara terakhir yang banyak dipakai orang adalah naik kuda. dengan membayar 150.000 kalian akan diantar kuda sampai start point kawah dan diantar ke parkiran lagi saat balik. nantinya kuda nya akan nunggu di start point kawah. dari start point kawah untuk menuju kawah kalian harus melewati 250 anak tangga yang posisinya lumayan curam. jadi lebih baik olahraga dulu biar gak kaget, apalagi tangganya berpasir jadi harus ekstra berhati-hati. tapi setelah sampai diatas kawah semua usaha keringat kalian akan terbayar dengan keindahan kawah bromo dan gunung bathok dari atas serta lautan pasir dibawah. sekalipun matahari terik angin tetap berhembus kencang untuk menyeka keringat kita. sungguh indah pemandangan dari atas sana. satu lagi bentuk syukur kita kepada Allah tentang karyanya yang luar biasa. ada yang unik dikawah bromo, disalah satu tebingnya ujungnya ada yang berwarna hitam alias gosong, mungkinbagian itu yang sering kena asap dari kawah bromo. subhanallah..... di daerah kawasan kawah bromo ini ada juga pura-pura tempat orang suku tengger beribadah dan biasanya ada tradisi upacara kasada yang diadakan berdasarkan penanggalan jawa.






4. Pasir Berbisik
sayang saat disana di kawasan pasir berbisik sedang ada badai pasir yang lumayan besar, jadi saya dan teman-teman tidak turun untuk menikmati pasir berbisik ini, kata orang-orang ini disebut pasir berbisik karena jika badai pasir besar pasir-pasir ini berbenturan satu sama lain dan menghasilkan bunyi seperti bisikan. unik juga ya hehe... lokasi ini mengingatkan saya dengan wisata di jogja namanya gumuk pasir, mungkin kalian sudah ada yang tau tempat ini. ya pasir berbisik kurang lebih sama mungkin bedanya disini anginnya kencang.

5. bukit teletubies
nah ini kawasan yang sering muncul di instagram hehe, memang tempatnya keren sih, ada banyak bukit-bukit yang mirip di serial kartun teletubies, dan bukitnya bukan hanya berpasir tapi ada rumpuntnya hehe, jadi dikawasa ini tidak terlalu berdebu dan apik dibuat foto ala-ala gitu hehe. di sebrang bukit teletubies ada lereng yang bagus juga. saya suka tempat ini karena enak untuk merenung, rumput yang menggelitik, angin kencang dan tidak terlalu berdebu. lokasi terbaik bukit teletubies menurut saya bukan di dekat plang tulisan "bukit teletubies" nya. tapi agak terus sedikit. karena di dekat plang tulisan sangat ramai wisatawan dan orang jualan. kalau disini duduk duduk sambil minum kopi atau teh aih nikmatnya luar biasa. sejuknya angin dipadu dengan hangatnya minuman. hmmm









6. Desa Ngadas
desa ngadas adalah desa yang letaknya diatas tepat dihadapan kawah bromo dan gunung bathok. desa ini adalah tempat para wisatawan yang menginap untuk menikmati sunrise, penduduk desa ini adalah suku tengger, yang mana suku asli kawasan bromo. sepanjang perjalanan desa ini ada banyak terasiring yang rapi nan apik. ada beberapa hutan dan jurang-jurang. rugi juga kalau kalian tidak mampir minimal untuk makan di desa ini. makanana terenak di daerah gunung dengan low budget memang mie instan kuah. hmm dengan pemadangan terasiring berada di atas. subhanallah.....

Tips n Trick ke Bromo
@ waktu terbaik untuk ke bromo adalah desember-maret atau tepatnya saat musim hujan. dan lebih baik waktu bulan maret atau setelahnya sebelum musim kemarau karena rumput di bromo sedang tinggi-tingginya jadi tidak terlalu gersang. namun jika memang melihat bromo saat musim panas lebih baik saat bulan juni-agustus.
@ untuk menikmati sunrise jika dari kota malang kalian harus berangkat pukul 00.00, nantiya kalian akan sampai jam 3 dan disana sudah ramai sekali. kalau mau dapat tempat depan lebih baik membangun tenda disana atau nginap dirumah warga. sunrise muncul sekitar pukul 05.00-05.30 jadi masih bisa shalat shubuh dulu bagi yng muslim.
@ tempat terbaik melihat sunrise di penanjakan adalah dari musholla sedangkan untuk melihat bromo dari atas di kawasa towerya penanjakan
@ jika mau melakuka pendakian atau naik kekawah lebih baik membawa cemilan coklat pasta atau batangan untuk mengisi energi dan membantu menenangkan ritme jantung saat nanjak.
@ jangan gunakan celana jins. usahakan memakai celana trining atau apapun yang kain. tapi jika terpaksa pakai jin lebih baik dobeli dalamnya denga leging, karena pakaian bahan jin akan membuat tubuh menjadi kaku dan lebih dingin lagi, sehingga menghambat penanjakan.
@ jangan lupa bawa syal,sunglasses, dan sunblock biar perjalanan kalian lancar dan tidak terganggu.
@ jika berfoto menggunakan hp pakailah case yang soft atau bahan yang tidak menyerap dingin, begitupun dengan kamera kalian lindungi dengan kantong atau syal agar tidak dingin juga memudahkan untuk memotret karena kalian bisa memegangnya dengan nyaman.
@ bawalah tikar atau matras untuk jaga-jaga jika di penanjakan sunrise kalian tidak dapat duduk dan harus lesehan di bawah yang dingin.
@ rute terbaik ke bromo adalah lewat malang-tumpang. tapi rute ini adalah yang paling berbahya karena melewati lereng yang langsung berhubungan dengan jurang, dan beberapa hutan, rutenya juga banyak tikungan tajam dan nanjak. saya sarankan jika lewat sini naik jeep saja atau motor tril dan moge. jika naik motor kota lebih baik lewat pasuruan yang rutenya lebih aman tapi kurang sensasinya hehe. karena jika lewat tumpang pemandangan waktu pagi hari sangat bagus, persis yang ada di film kulari ke pantai hehehe.
@ bawa air panas di termos biar bisa diminum dan buat popmie hehe. karena jika diatas lebih baik minum air hangat saja jangan teh atau kopi bisa membuat bibir lebih kering dan gampang kebelet buang air kecil nantinya.

Happy Travelling guis !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanggungan Untuk Pendaki Pemula

Tapak Jejak Kawah Gunung Kelud

Pergi dan Kembali Daerah Istimewa Yogyakarta